Timbul Sinaga, alumni yang berkiprah di tingkat nasional

Sebagai Ketua DPP Persatuan ahli Teknik Indonesia (PATI) dan ketua Lembaga Sertifikasi PATI Pusat.

timbul-sinaga2Sebagai ketua Lembaga sertifikasi PATI yang mengelola sertifikasi ini telah membuka lapamgan kerja langsung bagi 50 orang pegawai di kantor LS PATI di Jalan Salemba raya Jakarta pusat.

Sebagai ketua DPP PATI mengadakan beberapa kali seminar dan diskusi nasional.

NANOTEKNOLOGI, SOLUSI CERDAS BERANTAS KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN

Sekretaris Jenderal PP PATI Dr. Ir. Vincent T. Radja dalam pengantar materi Gerakan Nasional Teknologi (GNT) mengungkapkan,  GNT adalah bentuk nyata dari upaya aktualisasi peran teknologi sebagai elemen kunci pembangunan nasional. GNT bersifat nasional dan bermaksud untuk melibatkan segenap komponen bangsa. Dimensi politisnya, GNT ditujukan untuk pada akhirnya teknologi dijadikan Elemen Kunci Pembangunan Nasional. PATI sebagai inisiator GNT mentargetkan bahwa PATI Wilayah menjadi ujung tombak dalam menjadikan Teknologi sebagai elemen Kunci Pembangunan.

timbul-sinaga7Menurut Vincent, GNT sendiri dipaparkan dihadapan Presiden Megawati pada tahun 2002,  dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006 lalu. Sejauh ini GNT telah sukses dilaksanakan di 3 Propinsi yaitu Jambi, Gorontalo dan Banten, yang ditandai dengan dinyatakannya Teknologi sebagai Elemen Kunci Pembangunan Daerah di 3 Propinsi tersebut. PATI Wilayah lainnya diharapkan untuk mengusahakan deklarasi diatas di wilayahnya masing-masing. Vincent menambahkan, esensi dari GNT adalah menunjukkan pada dua hal pokok, pertama, peran teknologi dalam mengatasi pengangguran dan perluasan lapangan kerja. Kedua, teknologi harus dijadikan elemen kunci pembangunan nasional.

Timbul SinagaMateri dengan topik Sertifikasi Tenaga Teknik disampaikan oleh Ir. Timbul Sinaga, Ketua Lembaga Sertifikasi PATI Pusat. Dalam paparannya, Timbul menguraikan sertifikasi yang telah dilaksanakan LS PATI di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Timbul yang juga Ketua Panitia Seminat/Konperensi PATI, pelaksanaan sertifikasi merupakan amanat UU No. 18 Tahun 1999 yang mewajibkan tenaga kerja yang bekerja di sektor jasa konstruksi harus memiliki sertifikat keterampillan kerja (SKTK) dan/atau sertifikat keahlian (SKA).

Menurut Timbul, sertifikasi yang dilaksanakan LS PATI selama ini sudah berjalan dengan baik. “Kita sudah melaksanakan sertifikasi hampir di semua propinsi. Walaupun di sana sini ada kekurangan, pada umumnya hasilnya bagus dan memuaskan semua pihak,” ujarnya. Agar sertifikasi dapat terlaksana semakin baik pada masa mendatang, Timbul menyarankan agar Pengurus Wilayah dapat membentuk Lembaga Sertifikasi Wilayah. Selain itu, Pengurus Wilayah diminta untuk proaktif membangun hubungan dengan pengurus asosiasi perusahaan di daerah, sekaligus mempromosikan sertifikasi PATI di wilayah masing-masing. Hal yang tidak kalah pentingnya, kata Timbul, agar Pengurus Wilayah merintis dan membangun kerjasama dengan institusi diklat di daerah. “Sertifikasi butuh tempat dan fasilitas uji kompetensi, Pengurus Wilayah PATI di daerah perlu mendekati pimpinan institusi Diklat, demi peningkatan kualitas pelayanan bagi para anggota yang membutuhkan pelaksanaan sertifikasi di daerah masing-masing,” ujarnya.

Diskusi Nasional PATI

Sementara pada kesempatan lain sewaktu bertemu menteri perindustrian Fahmi Idris di Jakarta, Ketua PP PATI yang juga Ketua LS PATI Ir. Timbul Sinaga MHum, menuturkan, PATI telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk turut mengatasi dan meningkatkan permasalahan yang ada di bangsa kita seperti sertifikasi bagi tenaga teknik di seluruh Indonesia. “Banyak lulusan SMK teknik dilatih dan disertifikasi di PATI. Untuk dapat bekerja, kita fasilitasi ke badan usaha jasa konstruksi. Hasilnya lumayan, banyak yang sudah bekerja,” ujarnya. Namun dalam pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi, Ir. Timbul Sinaga MHum mengeluhkan tentang minimnya fasilitas pelatihan yang tersedia bagi tenaga teknik. “Kami meminta agar Bapak Menteri berkenan membantu kami dalam hal fasilitas pelatihan bagi tenaga teknik. Menteri Erman Suparno menyambut baik permintaan PATI. “Jujur pak, hampir 90 persen fasilitas balai latihan kerja (BLK) yang ada di lingkungan Depnakertrans sudah usang, namun masih ada beberapa diantaranya masih pantas digunakan, nanti PATI boleh pakai,” ujarnya.

Dan juga ketika bertemu Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Erman Suparno Ketua LS PATI Ir. Timbul Sinaga MHum menguraikan tentang proses sertifikasi keahlian PATI. Dalam uraiannya, Ir. Timbul Sinaga MHum menyampaikan, pihaknya sudah diminta di berbagai daerah untuk melaksanakan sertifikasi untuk subbidang baru. “Banyak permintaan dari daerah, supaya segera

dilaksanakan sertifikasi bagi anggota di daerahnya. Namun karena banyak hal yang masih perlu dipersiapkan, maka kami masih menunda, sampai kita benar-benar siap,” ujarnya. Kepada para asesor, Ir. Timbul Sinaga MHum menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. “Kami menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu, tolong bantu kami untuk mensukseskan sertifikasi di seluruh wilayah,

Acara Diskusi Nasional PATI gengan topik MENCARI SOLUSI KRISIS ENERGI NASIONAL ini juga dihadiri oleh Bapak Ir. Hartarto yang juga selaku pembicara dalam diskusi tersebut, bersama dengan DR. Ir. GM. Tampubolon, DR. Ir. Vincent T. Radja, Ir. Timbul Sinaga MHum dan Bapak Anggoro sebagai Moderatornya.
selengkapnya di http://www.pati.or.id/berita_files/Page349.html

Kasubdit Pemeriksaan Bidang Elektro/Fisika Ditjen. HKI

Sebagai ketua panitia SEMINAR KEBIJAKAN KESEHATAN PUBLIK BIDANG FARMASI DAN KAITANNYA DENGAN SISTEM PATEN INDONESIA

sumber https://alumniteknikkimiausu.wordpress.com/2008/10/07/mencari-solusi-krisis-energi-nasional/

2 Tanggapan

  1. KAMI PANITIA SEMINAR NASIONAL DAN TEMU ALUMNI BESERTA DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS BANTUAN MATERIL MAUPUN SUPPORT KEPADA ALUMNI, INSTANSI TERKAIT DAN ORANG-ORANG YANG IKUT BERPARTISIPASI ATAS SUKSES TERLAKSANANYA KEGIATAN INI..

    SEKALI LAGI TERIMAKASIH, SEMOGA KITA TETAP BISA MEMBANGUN TEKNIK KIMIA YANG KITA CINTAI DAN MEMPERERAT RASA PERSAUDARAAN KITA

    TEKNIK KIMIA JAYA

  2. bang bagaimana kalu kita buat kuliah umum buat mahasiswa teknik kimia tentang sertifikasi tenaga kerja, agar kami mahasiswa teknik kimia usu medan memiliki pengalaman dalam sertifikasi atau mutu dalam mencari pekerjaan nantinya. sekianlah permohon ini saya perbuat kira abang dapat membantu kami mahasiswa teknik kimia dalam menyempatkan waktunya dalam membuat kuliah umum di kampus. sekian dan terima kasih

    M. ROGANDA. L.L
    TEKNIK KIMIA 07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: