Core Bisnis Alumni TK USU

Sumatera bagian utara dikenal dengan istilah sumbagut meliputi beberapa daerah tingkat I seperti propinsi Nangro Aceh Darusalam, Sumatera Utara dan Riau merupakan pusat industri yang melibatkan sarjana-sarjana teknik kimia. katakanlah pengolahan hasil perkebunan/pertanian seperti pabrik karet, kertas/pulp, minyak kelapa sawit, minyak nabati lainnya demikian juga hasi pertambangan seperti minyak bumi, emas, aluminium, pupuk, gas dll.

Lalu mengamati tracks record para alumni TK USU yang sudah mulai terjun ke dunia kerja mulai tahun 1986 berati sudah 22 tahun tentu sudah memiliki berbagai pengalaman di bidang yang digeluti masing-masing. Nah jika seandainya ada keinginan dari wadah ikatan alumni TK USU utk menggeluti satu bisnis maka yang akan menjadi pertanyaan adalah bidang apa inti bisnis yang tepatnya untuk digeluti ?

Tentu dalam menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan presentase argumentasi yang smart dan profitable. smart disini disamping makna harafiah kata smart sendiri yaitu cerdas juga dalam pengertian singkatan yaitu program yang simple, measurement, achievable, reasonable dan time frame (sederhana, terukur, dapat dicapai, beralasan dan terjadwal).

Artinya sebelum memutuskan kearah mana core bisnis yang akan dilakukan dibutuhkan semacam proposal yang mirip-mirip tugas akhirlah. Barangkali ada yang punya wacana, silahkan dikemukakan dan akan dikritisi oleh teman-teman pembaca.

6 Tanggapan

  1. Saya punya usul bagaimana kalau alumni membuat bimbingan belajar saja sehingga banyak dosen dan mahasiswa bisa menjadi tutor disana.

    Kalau nggak buka saja toko fotocopy hehe…

  2. Bung Andi masa sarjana Teknik bisnisnya toko fotocopi sekalian aja buka warung baso …..he 3x

    Gak bisa ngimbangi punya anak itb dong seperti pt bukaka punyanya fadel muhammad cs

  3. Saya Ryan tapi bukan Ryan guy yg tukang jagal orang itu.
    Menurut saya orang tk bisa membuka agen outsourching tenaga kerja di bidang pabrik minyak kelapa sawit, pulp dan kertas, rubber dll proses kimia yg ada orang tk praktisinya.

    menyediakan tenaga operator yg siap pakai kpd pabrik-pabrik yg membutuhkan. Tentu ada pelatihan sebelumnya.

    Mohon maaf kalau tidak berkenan.

  4. Aku setuju sekali dengan ide yayang Ryan huahuahaha…
    sekalian menyediakan tenaga kerja buat ekspor ke Qatar utk pertambangan minyak, ke Malon utk kilang kelapa sawit juga TKWnya. Jadi hebat tk usu menjadi PJTK=perusahaan jasa tenaga kerja.

  5. Klo saya bisa mencari produk yg masih diimpor utk kebutuhan dalam negeri tapi bahan bakunya ada tersedia dalam negeri.

    Nah produk itu yg perlu dibuat shg pasar dalam negerinya masih luas.

  6. Bung Haris saya sangat setuju idenya. Usul saya bahan bakunya dari nabati seperti kelapa sawit, kelapa, minyak dari daun atau buah tumbuh2an karena banyak di Indonesia.

    Ayo siapa yang punya ide ?

    Sukses selalu TK USU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: