Laboratorium OTK

Ini mahasiswa bukannya mengamati data malah berdiri-diri

Gitulah..yang rajin praktikumnya

Ada apa ya..ada yang nggak pas

La…pada bergaya, salah pilih jurusan kali ya harusnya masuk sastra

11 Tanggapan

  1. Kepada abang2, kakak2, dan teman2 alumni TK USU yth,

    Lab OTK sebenarnya bisa jadi sebuah lab yang sangat membagakan bagi seluruh sivitas dan alumni TK kalau saja peralatan/modul yang ada dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tetapi berhubung alat yang ada kebanyakan kondisinya cukup memprihatinkan sehingga tidak semua modul dapat dijalankan dengan selayaknya. Ada modul evaporasi yang kehilangan boiler dan asesorisnya, modul destilasi, ekstraksi, absorpsi, heat excahnger, tray dryer, mixing, pengontrol tekanan dan temperatur, yang kesemuanya itu tidak dapat digunakan secara optimal karena kerusakan/kehilangan asesoris/alat pendukung.

    Bagaimana kita menyikapi hal ini???????
    Apalagi TK USU akan direakreditasi pada oktober mendatang. Akankah kita bisa meraih grade A dengan kondisi ini?????
    Abang2, kakak2, dan rekan2 alumni TK USU, tolong beri solusi agar TK USU tetap menjadi yang membanggakan.

  2. dari dulu boiler evaporator ada di lab penelitian kalau kagak salah. Gimana kagak dibilang hilang istri ama suami pisah rumah (bukan hanya pisah ranjang lagi). Sudah menjadi budaya orang indonesia tidak melakukan perawatan agar tidak rusak, tetapi setelah rusak baru diperbaiki. Mari pertahankan budaya ini dalam rangka hut ri ke – 63

  3. weleh..cukup prihatin juga akan kondisi lab itu. apa yang bisa diperbuat dalam waktu 2 bln menjelang akreditasi oktober mendatang.

    Biasanya detail spec peralatan dan kondisi harus dipaparkan dan lebih bagus lagi kalau disertai gambar atau foto shg teman yg bekerja di lab atau penjualan peralatan bisa mengerti, mana yg bisa dimodifikasi atau diganti bagian-bagiannya.

    keep on going n never giveup

  4. Aku setuju banget bang Daulat Kalau bisa Ibu Renita memberikan data peralatan lab sedetail mungkin termasuk ada photonya serta keterangan selengkap-lengkapnya.

    Berdasarkan kondisi yang ada dapat diambil action, mau diapain bagusnya.

    Good Luck

  5. Sekedar nanya bu, apa hanya alat-alat di lab OTK yang kondisinya kurang baik, gimana dengan lab yang lain?
    Siapa tau ada senior kita yang udah sukses mau membantu…..
    oh ya bu, jangan lupa kondisi air nya, kemaren waktu saya praktikum air di lab-lab kita langka dan sangat mahal…. hehehehe
    ketersediaan air dan fasilitas lain diperhitungkan juga kan bu?
    semoga ya TEKIM USU bisa dapat akreditasi A…..
    amiiiin……

  6. saya pikir bukan aktrediatasinya yang penting tetapi apakah benar2 Lab kita layak untuk memajukan pendidikan atau daya saing kita di dunia industri yang semakin maju sementara Lab tetap seperti doeloe. Itulah bangsa kita sibuk mencari nama tapi tidak sesuai dengan akutual dilapangan…..

  7. Menurut saya awal gerakan mestimulun alumni itu HARUS berasal dari alumni yang ada di kampus alias dosen misalnya dosen-dosen yg ada memprakarsai agar angkatannya berkomunikasi dan menentukan satu dua orang koordinator angkatannya misalnya Ibu Renita mengontak yang satu angkatan dengan Ibu lalu bersepakat siapa yang menjadi koordinatornya, kemudian koordinator ini mempunyai tugas mencari keberadaan teman-teman satu angkatannya lalu mengkomunikasikan gawean utk berpartisipasi membantu almamater dan ujungnya mengumpulkan donasi angkatannya.

    Ibu Lilis bisa mengontak Ibu Ummi dan Bapak Polma sbg koord.angkatannya.
    Ibu Sri Maulina dan Pak Herbun bisa mengontak Bapak Timbul Sinaga dan Ibu Purnama Dewi sbg koord.angkatannya.

    Bapak Turmuzi bisa mengontak Ibu Dina dan Bapak Aman sbg koord.angkatannya.
    Ibu Kartini dan Pak Fahmi bisa mengontak Ibu Hj Dewi dan Bapak Oberlin sbg koord.angkatannya.
    dst..dst

    Khusus TK 86 bisa mengontak Pak Desman zega dan Ibu Dara Mutia sbg koord.angkatannya.

  8. Bang Umar itu ide yang cemerlang luar biasa, kalau angktan 79 -2000 ada 22 angkatan x Rp 10 juta bisa ngumpul 220 juta.

    Saya dukung bang Umar, utk angkatan 90 saya usul koordinatornya pak rainaldy dan Ibu Rahma dewi

  9. Saya asisten lab OTK skrg

    Hmm…setelah berkecimpung menjadi ass dari semester 6 di Lab OTK. menurut saya, perbaikan yang paling penting adalah pada rangkaian elektronika …

    Mengapa ?? Karena rata2 alat Lab OTK tidak dapat dimodulkan atau performanya kurang bagus karena masalah rangkaian elektronikanya
    Misalnya :
    *kemarin alat Leaching sudah dites, secara garis besar, alat ini masih bagus, tapi hanya gara2 sebuah heater pada tangki umpan pada alat ini tidak dapat bekerja, alat ini tidak dapat dimodulkan

    *untuk WCT(Water Cooling Tower), hal yg sama dengan kasus Leaching terjadi, yaitu perangkat elektronika untuk heater tidak beres

    *mengenai distilasi, pengatur daya pemanasan kurang merespon pada daya tertentu

    *kalo ekstraksi cair-cair, pompa utk mengalirkan air tidak berfungsi sebagaimana mestinya

    Awalnya teman2 usulkan cari teknisi, tetapi selama pencarian teknisi di kawasan Medan, kami belum juga menemukan teknisi yang mau memperbaiki alat2 Lab…
    Alasannya ada yang bilang tidak ada waktu untuk ke Lab, bukan bidang saya, dll

    Well….

  10. Wah terima kasih banget dek Suden, hanya sedikit saja informasi yang kau berikan sudah ada gambaran mengenai lab tsb.

    Keadaan seperti itu sudah merupakan makanan sehari-hari para operation mgr/mgr produksi atau mgr QA/QC yang notebene orang teknik kimia, jangankan di level mgr di level sprvisor atau enginer saja, sudah bisa diatasi masalah seperti itu.

    Memang orang TK bukan bagian elektronik atau listrik tapi menganalisa dan menjelaskan masalah kepada orang maintenance adalah kerjaan orang proses atau lab QA QC.

    Oke tolong diberikan informasi lagi biar bisa dituntaskan oleh beliau2 alumni hehehe.

  11. Walo demikian, bukan berarti semua alat lab OTK-ny rusak,
    Alat-alat utk 6 jenis modul yang biasa dipraktikumkan masih bisa dioperasikan ( AYO TEBAK, pasti ab2 & kk2 ud bisa menebaknya dgn bener deh )

    Kalo rusak semua’kan gk ad lagi donk praktikum lab OTK di TeKim USU ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: