Berdirinya IMATEK USU Suatu Perjuangan Mahasiswa di Jaman Orde Baru

Moderator mendapat kiriman email dari abang Ir.Loni Gulo MM, ketua umum pertama IMATEK/HIMATEK USU, isinya sbb :

Ikatan mahasiswa/i teknik kimia disingkat dengan Imatek adalah organisasi intrakurikuler dalam kehidupan kampus pada era tahun 1980an dimana pada setiap fakultas selain badan perwakilan mahasiswa (BPM) dan Senat Mahasiswa (Sema) maka yang terendah adalah kumpulan mahasiswa dalam satu jurusan/program studi dan di USU pada waktu itu menggunakan nama ikatan seperti ikatan mahasiswa mesin (IMM), IMS,IME,IMTI dan Imatek.

Angkatan pertama mahasiswa teknik kimia USU adalah angkatan 1979 merupakan mahasiswa yang dalam penerimaannya masuk jurusan teknik industri namun karena ada rencana pembukaan jurusan teknik kimia maka kepada mahasiswa yang baru diterima di teknik industri diberi pilihan siapa yang mau masuk ke jurusan teknik kimia dan ternyata hampir setengah dari mahasiswa tersebut memilih masuk teknik kimia sehingga terbentuklah jurusan teknik kimia.

Hal yang sama juga dilakukan terhadap dosen, beberapa dosen di teknik industri dipindahkan menjadi dosen di teknik kimia seperti Bapak Drs.AR.Hamidi (MIPA), Ibu Ir.Tilani Hamid (Fisika) menjabat sebagai ketua dan sekretaris jurusan teknik kimia, Ir.Halomoan Sitorus, Ir.Merek Sembiring (T.Kimia UGM), Ir.Dahlan Sihombing (TI), Dra,Rukiarty Darma (MIPA)

Mulai tahun 1980 dan tahun-tahun berikutnya jurusan teknik kimia menerima mahasiswa baru melalui jalur sipenmaru (sistim penerimaan mahasiswa baru) dan jalur pemanduan bakat (tanpa testing sipenmaru).

Perjalanan perkuliahan mahasiswa angkatan pertama (79) sampai tahun kelima (1983) mahasiswa mulai menumpuk untuk mata kuliah bersyarat artinya sebelum lulus mata kuliah A tidak boleh mengambil mata kuliah B atau tidak bisa melakukan praktikum mata kuliah C. Praktikum operasi teknik kimia (OTK) dan proses industri kimia (PIK) hingga tahun keenam (1984) belum terbayangkan bagaimana wujudnya apalagi yang namanya kerja praktek masih jauh lagi waktunya.

Kenyataan ini yang menguatkan tekad mahasiswa untuk ikut mengambil peran memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Berkali-kali kelompok-kelompok mahasiswa mempertanyakan kelanjutan perkuliahan mereka kepada pimpinan jurusan namun karena hanya kelompok kecil maka dengan mudah diberikan penjelasan yang tidak pasti. Demikian juga halnya pembentukan ikatan mahasiswa yang sudah dicita-citakan oleh mahasiswa teknik kimia dari tahun 1979 sampai tahun 1983 selalu menemui kegagalan karena pada era tahun 1980an ikatan mahasiswa hanya bisa dibentuk apabila ada persetujuan dari pimpinan jurusan. Betapa jatuhnya mental mahasiswa teknik kimia melihat empat jurusan di fakultas teknik memiliki ikatan mahasiswa masing-masing, sedangkan Imatek belum ada sampai tahun 1983.

Kesadaran seluruh mahasiswa teknik kimia akan nasib perkuliahan yang tak jelas arahnya maka pada pertengahan tahun 1984 secara nekad mengadakan pemilihan kepengurusan Imatek di lantai 3 gedung perkuliahan “tampomas” dan hasil keputusan tersebut disampaikan kepada pimpinan jurusan teknik kimia untuk disahkan, maka terbentuklah Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia periode 1984-1986 dengan kepengurusan

Ketua Umum : Loni Gulo
Wakil ketua : M.Turmudji
Wakil Ketua : Helman Sembiring
Sekretaris Umum : Iskandar Farouk
Wakil Sekretaris : Aman Manurung
Bendahara Umum : Hj Dewi Pane

Sejak ada wadah Imatek ini kepentingan mahasiswa dalam perkuliahan dapat dengan intensif bekerjasama dengan pimpinan jurusan untuk mencari jalan keluar seperti mengkatalisator agar praktikum OTK dan PIK bisa dilakukan walaupun menumpang di laboratorium perusahaan-perusahaan di luar kampus. Dan inilah yang ditempuh oleh 5 orang lulusan pertama teknik kimia USU yang diwisuda pada pertengahan tahun 1986. Namun kendala yang dihadapi adalah mahalnya biaya praktikum dan hanya mahasiswa yang bisa mendonasi diri sendiri yang akan melakukan praktikum.

Menghadapi masalah pelik ini, maka Pengurus Imatek berkesimpulan bahwa hanya dengan memiliki laboratorium sendirilah perkuliahan mahasiswa bisa akan selesai kuliahnya dengan lancar, pada.hari kamis di bulan September 1985 sekitar jam 12.30 siang Imatek mengadakan demonstrasi dengan start dari kantor Imatek di fakultas teknik berjalan sambil membawa poster ke biro rektor dengan tuntutan agar segera diadakan laboratorium sehingga mahasiswa bisa menyelesaikan perkuliahan. Alhasil beberapa bulan kemudian mahasiswa bisa praktikum OTK dan PIK walaupun dengan peralatan sederhana dan tahun 1987, 1988 merupakan tahun banyaknya mahasiswa teknik kimia USU yang menamatkan pendidikannya secara bersamaan yaitu angkatan 79, 80, 81 dan 82.

Imatek konsisten bahwa yang diperjuangkan adalah kepentingan perkuliahan mahasiswa jangan sampai terhambat sebab dengan keterlambatan perkuliahan maka biaya yang diperlukan semakin bertambah serta memberikan dukungan moral kepada pimpinan mulai dari dosen, pimpinan jurusan, fakultas dan universitas bahwa tanggung jawab merekalah untuk mengusahakan mahasiswa cepat selesai perkuliahannya.

Terima kasih kepada rekan-rekan mantan mahasiswa teknik kimia angkatan 1979 s/d 1986, Bapak/Ibu dosen di Teknik kimia, fakultas teknik dan USU walaupun kita ada perbedaan tetapi dikala kita bekerja untuk kebaikan semua bisa bekerjasama.

Imatek/Himatek sekarang menurut saya disamping memperjuangkan kelancaran perkuliahan rekan-rekan mahasiswa (hanya sedikit karena sudah tersistem) adalah menjadi tugas dan tanggung jawab pengurus Himatek untuk menciptakan brand image teknik kimia USU sebagai leader dalam skill teknik, manajemen dan hubungan antar manusia.

6 Tanggapan

  1. Salam ya bang Loni, masih mantap aja merangkai kata-kata ya. ada apa gerangan kelihatannya pendekar turun gunung ya…hehehe.

    Biasanya klo suhu turun gunung berarti ada yang ruarrrrr biasa….pengalaman yang sudah2x begitu lho.

    oke !

    Mangandar S

  2. Hehehe…Jahowu komandan….!!!

    Makin keren saja ya….pangling aku…..
    Apa kabar? Semoga sukses selalu..

    Salam,
    Eddy Siregar

  3. Dikutip dari milis ftusu@yahoogroups.com

    ya ini tulisan saya yang saya kirim malah ada foto saya lagi dipampang
    oleh Moderator http://wwww.alumniteknikkimiausu.wordpress.com

    tadinya saya pikir mau digabung dengan masukan dari rekan-rekan yang
    lain sehingga semakin lengkap karena susunan Pengurusnya itu masih
    kurang lengkap seharusnya ada satu lagi wakil sekretaris dan wakil
    bendahara. Tolong ya ditanya-tanya teman lainnya atau ke angkatan
    82/83 sebab ada jatah mereka disitu. Klo abang/kakak kita 79 tak ada
    jatah mereka karena pintarnya mereka dulu dalam hal mata kuliah
    pacaran……sampai banyak KCM segala…he…iya nggak mbak
    Lilis.KCM=kereta calon mertua.

    Yang kedua : Saya senang sekali dengan pemanfaatan IT khususnya
    internet group email dan website oleh rekan-rekan semua sehingga kita
    bisa berkomunikasi terus dan bisa mendapat informasi mengenai teknik
    kimia USU marilah kita optimalkan manfaat milis ini utk berinteraksi
    dan yang di http://wwww.alumniteknikkimiausu.wordpress.com saya lihat
    cukup banyak info yg kita dapat khususnya mengenai alamat email dan
    nomor telepon teman-teman kita, item content informasi yang
    disampaikan lumayan padat namun isi berita atau commentnya ya gitulah
    ada aja yang kurang pas/miring namun kita harus menyadari bahwa apapun
    yang diberitakan diinternet yang menjadi penentu kebenaran berita atau
    positif negatifnya dampaknya adalah pembaca sendiri.

    Yang ketiga : Oh ya mohon maaf buat rekan-rekan alumni dan mahasiswa
    yang muda-muda ya kalau kita tidak saling mengenal karena faktor waktu
    dan tempat kita yang berbeda. Tapi yang menjadi dosen kan ada mbak Lis
    yang 79, teman saya Seri Maulina 80, Mas M.Turmuzi dan Yusuf Ritonga
    81 eh mbak Kartini 82….dst.dst jadi komunikasi kita
    berkesinambungan. nah mumpung masih ingatan generasi awal TK ini masih
    bisa dipakai/belum error…..hehe coba adik2 yg masih kuliah
    mengadakan komunikasi yang intensif agar informasi bisa bermanfaat utk
    memajukan TK bisa didapatkan.

    Karena Menurut ilmu manajemen Sumber daya manusia dan
    derivat-eivatnya/turunannya mengatakan :

    ” Suatu kelompok manusia akan menjadi survive danunggul dalam bidang
    yang digelutinya jika komunitas tersebut memiliki 3 N ”

    N yang pertama adalah NIAT, artinya orang-orang yang ada dalam
    kelompok tersebut berniat untuk menjadi yang terbaik dan unggul dalam
    bidangnya.

    N yang kedua adalah NAMA, artinya kelompok tersebut dapat menjadi yang
    terbaik dan unggul dalam bidangnya jika mereka memiliki nama yang
    merupakan IMAGE, tentu
    kalau kita disini namanya TEKNIK KIMIA USU.

    N yang ketiga adalah NETWORK, artinya orang-orang yang ada dalam
    kelompok tersebut saling mau membantu dan berinteraksi satu dengan
    yang lain guna mewujudkan
    NIAT & NAMA tersebut diatas agar menjadi yang terbaik dan unggul dalam
    bidangnya

    Hal ini sudah terbukti dengan beberapa komunitas yang unggul dalam
    ilmu pengetahuan dan penguasaan lapangan praktisi oleh UI, ITB, UGM
    dan lain sebagainya.

    Wah….makin panjang nih ceritanya habis saya memang udah bukan orang TK
    lagi kali ya….…udah jadi orang human resources …oke ya lain kali
    kita terusin lagi dan yang penting kita harus tetap semangat dan enjoi
    dengan apa yang kita kerjakan bahasa EQnya bersyukur..

    Bung Herbun nimbrung dong, kan udah gak sibuk sekarang udah bukan
    kerja sama orang kan, udah jadi owner…..hebat ya good luck

    kunjungi milis ftusu@yahoogroups.com

  4. hallo, Pak Gulo apa kabar, kupanggil bapak aja ya, soalnya sekarang bapak udah keren banget ya, ngmongnya gimana udah jakarta bangetlah ya, beda dengan waktu kuliah dulu, kumuh and loyo, hihi, jangan marah ya, becanda aja.
    Kok ada istilah KCM ya, jadi lucu aja (Kereta itu apa, kereta lembu ya). Gimana pak Gulo dapat boru darimana and udah berapa banyak anggotanya. Kayaknya lama ya bapak bertapa, karena kita gak pernah dengar berita bapak ada dimana, padahal kita sering ada acara reuni tapi bapak gak pernah nongol.
    Okey, pak gulo sekarang kita bicara serius dikit ya, sekedar tambahan masukan untuk rekan2 alumni, sebenarnya wadah ikatan alumni TK USU sudah bbrp kali kita buat, yang terahir kali sewaktu 25 thn tk usu susunan pengurusnya, ketua umum Pak Herbun, saya sebagai sekretaris dan Ratna sebagai bendahara. Waktu itu sempat aktif juga ikatan alumni dengan berbagai kegiatan, seperti pengumpulan sumbangan untuk bantuan tsunami aceh, ada acara halal bilhalal, acara tahun baruan, acara perpisahan sewaktu perpisahan pensiunnya pak Merek, dsb. Juga waktu itu kita udah ada web di IKA-TK USU.ORG. Setiap 2 tahun sekali, dulunya setiap tahun, TK USU mengadakan acara seminar nasional dan pada ajang tersebut banyak alumni yang ikut berpartisipasi, terutama pada waktu perayaan HUT TK USU yang ke 25, kita ada acara seminar, jalan santai kemudian dilanjutkan dengan acara santai, ada yang buat group main trup dan ada yang joget sepanjang hari, hihi semuanya waktu itu alumni pada lupus lah. Hasil dari rembuk2 waktu itu gimana caranya kita bisa bantu almamater kita TK USU, bbrp teman mengusulkan untuk mendirikan yayasan Alumni TK USU, jadi yayasan tsb berusaha cari dana dari luar untuk selanjutnya disumbangkan ke TK USU. Untuk mendirikan yayasan kita memerlukan modal awal Rp 10.000.000,- dan banyak teman2 secara spontan membantu untuk memenuhi modal tsb, spt, Pak Aman and istri tercinta, T. Khaidir, Herbun, Dewi Astina, dll (data ada sama bendahara). Nah modal untuk pembentukan yayasan itu sudah terpenuhi tetapi yang menjadi masalah adalah untuk menjalankan yayasan tersebut, karena kita semuanya sangat sibuk, sehingga kalau pun yayasan dibentuk takutnya hanya vacum saja. Jadi disini mungkin ada saran dan pendapat dari kawan2 gimana caranya supaya kita bisa menjalankan yayasan tsb. dengan profesional untuk membantu almamateri kita TK, apakah dalam bentuk uang, alat praktikum, dll. TK USU pernah juga mendapat bantuan berupa 40 set komputer, kemudian bantuan journal dari alumni kita, untuk komputer dari pertamina tetapi berkat bantuan alumni kita juga.
    Jadi dari 3 N yang disebut pak Loni tsb dua udah kita penihi, niat ada kemudian nama juga ada, tinggal bagaimana dengan network nya?
    Saya rasa alangkah baiknya jika forum kita ini dapat membahas hal ini, agar masalah yang ada di almamater kita seperti membisniskan laboratorium (saya yakin ini tidak terjadi) tidak terdengar lagi.
    Bagaimana jika tahun 2009 ini adalah HUT TK yang ke 30, kita buat acara reuni keluarga alumni TK USU, jadi bukan hanya alumni nya saja yg hadir. Disamping membahas apa yang dapat kita lakukan untuk almamater kita, juga dapat melepas kangen dan bernostalgia. Mungkin kalau ini bisa terlaksana pasti seru ya, coba aja bayangin, kalau kita buat acara tanding trup atau volly, tapi yang main udah pada tua kan lucu ya, yang laki2 udah pada kena sakit pinggang yg cewek pada udah osteoporosis. Coba bayangin kalau kakek iskandar ama nenek susi main volly masih bisa enggak ya?????????? Lagi asik main cucu nya nangis? (Canda ya susi). Asik kan masing2 kita datang bawa keluarga. Gimana pak Gulo saran saya, mungkin pak Gulo bisa hallo2 kan ke rekan2 kita, kan pak Gulo waktu pelajaran bercakap2 dapat nilai A ya (Ambil istilah Ummi). Mungkin kita dapat membentuk panitianya berdasarkan angkatan aja jadi lebih gampang.
    Okey Pak Loni sukses ya, salam buat keluarga, kalau Herbun gak usah disangsikan, dia selalu terjun aktif untuk membantu kita di TK USU, dari mulai kerja praktek mahasiswa sampai hal2 kecil lainnnya, TQ Herbun. Wah apa kabar Herbun? Sukses ya.

    Salam,
    Lilis Sukeksi

  5. Saya ucapkan Selamat bergabung di situs alumni teknik kimia USU bagi kak dan abang serta adik-adik.

    Saya pendatang baru karena baru ketemu ini situs. Kalau awalnya mhsw TK USU tahun 1980an dan sekarang tahun 2000an maka saya dipertengahannyalah.

    Saya jadi tak berani cerita kelihatannya yang sedang kangen-kangenan abang dan kakak pengganti Bapak/Ibunya TK USU..ehm..semoga dengan adanya komunikasi ini TK USU bisa menjadi lebih baik lagi.

    Kalau ibu Lilis siapa yang tak kenal orang TK USU dari awal sampai akhir… maksudnya sampai sekarang, orangnya luwes dan baik serta cantik lagi…ehm jgn marah ya Bu !

    Kalau abang Gulo saya hanya dengar-dengar aja namanya belum pernah lihat orangnya, pengen juga sih mau lihat, orang Nias ya bang ? teman saya juga banyak orang Nias di sumsel.

    Selamat ya Maju terus TK USU

  6. Selamat pagi Teman-teman semua
    Selamat pagi Indonesia

    Enak rasanya di akhir pekan kita agak santai sedikit.
    Membaca tulisan mbak Lilis diatas.
    Saya ucapkan banyak terima kasih, mohon maaf kalau selama ini saya belum bisa berkomunikasi dengan rekan-rekan semua hal itu disebabkan karena tak ada informasi yang sampai kepada saya. Yang lalu biarlah berlalu sebagai referensi, hari esok akan kita gapai dengan penuh optimistik dan marilah kita berbuat optimal utk hari ini saja..ya kayak berpuisi kelihatannya…hehehe

    Pertama saya tinggal di Jakarta dan sering komunikasi dengan beberapa teman-teman kita seperti Timbul Sinaga, Manahan Simanjuntak, Askod Pardede, Edison Sihombing, Aman Manurung, Parulian Napitupulu. ya itu yang agak sering bertemu atau berteleponan.

    Saya setuju dengan ide perayaan ULTAH TK ke XXX, mari kita mewujudkannya dengan persiapan yang sungguh2, kita sampaikan kepada teman-teman kita ide tersebut, kita mulai dengan pendataan alamat para alumni, penyebaran informasi seluas-luasnya dan melibatkan teman-teman kita sebanyak-banyaknya.

    Utk lebih menjangkau semuanya, kita usahakan semua angkatan berpartisipasi aktif dan biarlah tiap-tiap angkatan mengkoordinir angkatannya. oke mudah-mudahan teman lainnya dapat memberikan tanggapannya mengenai ini.

    Melihat peluang dunia usaha sekarang ini sebenarnya banyak peran bisnis yang dapat dijalankan oleh alumni teknik kimia, sehingga dengan peran/bisnis tersebut menghasilkan income dan menampung tenaga kerja. Barangkali apa yg telah dirintis oleh teman-teman IKA TK USU bisa dilanjutkan dengan inovasi disana sini sesuai dengan kebutuhan. Oke hal ini bisa dikembangkan bila banyak teman-teman kita berpartisipasi. yang paling urgen kita jalin sekarang ini adalah MENYAMPAIKAN INFORMASI DAN MENJANGKAU PARA ALUMNI SEBANYAK-BANYAKNYA.

    Kalau kita berhasil dalam hal menjangkau teman-teman kita, maka dari diskusi-diskusi yang diadakan akan menghasilkan ide-ide yang luar biasa.

    Oke sampai disini dulu, akan kita lanjut nanti

    Salam sukses buat semua

    Wasalam

    Loni Gulo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: