PASCASARJANA TEKNIK KIMIA USU

Departemen Teknik Kimia USU didirikan dengan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 309/DIKTI/Kep/2001 tanggal 30 September 2001. Sekolah Pascasarjana (SPs USU) mulai tahun akademik 2002/2003 mulai menyelenggarakan Program Studi Magister Teknik Kimia. Sebanyak 3 bidang keahlian telah dibuka yaitu Teknologi Proses, Teknik Pengelolaan Pabrik dan Teknik Pengelolaan Limbah. Pendidikan Program Magister Teknik Kimia ini bermaksud untuk memperluas, memperdalam dan memantapkan dasar-dasar teknik kimia untuk para mahasiswanya.

Hal ini dicerminkan oleh beban stufi total sebesar 43 SKS yang harus diselesaikan dalam 4 semester. Program Magister Teknik Kimia USU tidak hanya ditijukan kepada staf pengajar PT maupun peneliti, tetapi juga dirancang untuk mereka yang bekerja di industri. Tesis untuk mahasiswa yang berasal dari industri berupa perancangan, evaluasi proses, yang problemnya berasal dari industri tempat mereka bekerja.

Tujuan Pendidikan

Program Magister Teknik Kimia USU (PM-TK SPs USU) mempunyai tujuan pendidikan sebagai berikut : mendidik dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penelitian dan perancangan. Meningkatkan ketrampilan berfikir dalam masalah-masalah teknik kimia. Meningkatkan wawasan fikir dalam pencapaian proses produksi yang optimal dan berwawasan lingkungan. Memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmu lainnya. Memiliki kemampuan untuk dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.


Gelar Akademik

Peserta yang berhasil menyelesaikan Program Studi Magister Teknik Kimia berhak menyandang gelar akademik Magister Teknik, disingkat MT.


Fasilitas Pendidikan

Fasilitas yang dapat dipergunakan antara lain : Perpustakaan dengan buku teks, jurnal tercetak/elektronik berlangganan, jurnal mikrofis, deposit universitas (laporan penelitian, karya dosen, tesis dan disertasi), bahan audio visual, multimedia, dan CD-ROM, Pusat Sistem Informasi, IC-STAR, Laboratorium Teknik Kimia, seperti Operasi Teknik Kimia, proses industri kimia, mikrobiologi teknik dan penelitian.


Pelaksanaan Pendidikan

Kuliah semester ganjil dimulai pada bulan Agustus dan semester genap pada bulan Pebruari. Bila IP semester I > 3.00 mahasswa dapat mengambil beban lebih pada semester II. Hal ini memungkinkan mahasiswa melakukan penelitian lebih awal dan lulus kurang dari 2 tahun.


Syarat Penerimaan

Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan setiap semester. Program Magister Teknik Kimia disediakan untuk lulusan S1 Teknik Kimia. Lulusan beberapa persyaratan seperti lulusan teknik lingkungan, teknik industri, teknik mesin, FMIPA Kimia dan Biologi, Pertanian/Teknologi Hasil Pertanian, Kehutanan/Teknologi Hasil Hutan, serta bidang lain yang terkait dengan teknik kimia.

Surat permohonan diajukan secara tertulis oleh calon dengan mengisi blanko yang tersedia di SPs USU. Dengan syarat : Fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir, fotokopi transkrip akademik S1 yang dilegalisair, Daftar riwayat hidup, rekomendasi dari dua orang dosen/pimpinan instansi yang bersangkutan. Surat izin atasan bagi pelamar yang masih bekerja. Surat keterangan sumber pembiayaan studi. Bukti pembayaran atau pengiriman biaya administrasi pendaftaran. Pas photo ukuran 3×4 dan 2×3 masing-masing 3 lembar


Ketua Program Studi : Prof. Dr. Ir. Setiaty Pandia
Sekretaris : Dr. Halimatudahliana, M.Sc.

Informasi
Program Studi Teknik Kimia
Sekolah Pascasarjana USU
Jl. Sivitas Akademika
Kampus USU
Medan 20155Tel. 061-8212453
Fax. 0618212453

KurikulumKeterangan : Dalam kurung () adalah jumlah SKS

Bidang Keahlian Teknologi ProsesSemester I

TKK500 Termodinamika Lanjut (3)
TKK501 Teknik Reaksi Kimia Lanjut (3)
TKK*** Pilihan I (3)
TKK*** Pilihan II (3)

Semester II
TKK506 Analisis Proses Teknik Kimia (3)
TKK508 Fenomena Perpindahan Lanjut (3)
TKK*** Pilihan III (3)
TKK*** Pilihan IV (3)

Semester III
SPs601 Kolokium (1)
TKK600 Optimasi Sistem Teknik Kimia (3)
TKK601 Metodologi Penelitian (2)
TKK*** Pilihan V (3)
TKK*** Pilihan VI (3)Semester IV
SPs690 Seminar (1)
SPs699 Tesis (Penelitian/Perancangan) (6)

Bidang Keahlian Teknik Pengelolaan LimbahSemester I
TKK500 Termodinamika Lanjut (3)
TKK501 Teknik Reaksi Kimia Lanjut (3)
TKK*** Pilihan I (3)
TKK*** Pilhan II (3)Semester II
TKK601 Ekologi Industri (3)
TKK506 Analisis Proses Teknik Kimia (3)
TKK*** Pilihan III (3)
TKK*** Pilihan IV (3)

Semester III
SPs601 Kolokium (1)
TKK609 Perancangan Proses Berwawasan Lingkungan (3)
TKK601 Metodologi Penelitian (2)
TKK*** Pilihan V (3)
TKK*** Pilihan VI (3)

Semester IV
SPs690 Seminar (1)
SPs699 Tesis (Penelitian / Perancangan) (6)Mata Kuliah Pilihan
TKK602 Teknologi Polimer (3)
TKK502 Pengendalian Pencemaran (3)
TKK503 Teknologi Kimia leo lanjut (3)
TKK504 Komputasi Proses teknik Kimia (3)
TKK507 Katalis dan Katalisis (3)
TKK508 Teknologi Bahan Makanan (3)
TKK509 Teknologi Membran (3)
TKK604 Bioteknologi Lingkungan (3)
TKK603 reologi (3)
TKK505 Proses Pemisahan Lanjut (3)
TKK517 Analisis Resiko Lingkungan (3)
TKK518 Toksikologi Lingkungan (3)
TKK520 Proses Produksi Bersih (3)
TKK521 Perpindahan Bahan Kimia Berbahaya di Lingkungan (3)
TKK522 Perancangan Instalasi Pengolahan Limbah (3)
TKK610 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (3)
TKK608 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (3)

Catatan :
Beban jumlah SKS yang harus ditempuh 43 SKS

4 Tanggapan

  1. Buat S2? Ngurus S1 aja tidak rebes, malah buat S-2.
    Apakah tujuan cuma cari uang n nama saja?
    Mana kualitasnya? Alumni S-1 dipandang sebelah mata oleh alumni lain, kalau alumni S-2 nya kali diasumsikan tidak ada aja/diabaikan.

  2. Tak apa apalah, bagus kan klo ada S2 biar banyak alumni S1 menjadi S2.

    Cuman saya usulkan supaya dikelola secara profesional sehingga kwalitas lulusannya bagus dan pengelolanya juga harus maksimal dengan melibatkan alumni-alumni yang potensial, jangan hanya konco-konco sendiri, ya klo pinter dan wawasannya luas tapi klo goblok dan wawasan huta-huta ya gak lakulah.

  3. Berarti TK USU mengalami kemajuan yang cukup pesat, dengan dosen dosennya yang cukup berkualitas. Tetapi untuk program magisternya apakah sksnya terlalu banyak nggak? Sampai 43? Mungkin untuk kalangan profesional agak berat. Yang jelas TK USU tetap eksis dan maju terus..

  4. usu cem anjing skrng,banyak yang aneh2,cth seorang mahsiswa takut megang darah bisa jd dokter.
    pengelola kebun percontohan tambunan milik usu dipegang anajk lulusan fk,hukum atw sbg,pastinya anak pertanian hrs ada andil
    mesjid dr.mansur sumbangan terus jalan mpe mati pun gak siap2 tuh dah laaaaaaaaaaaaaaamaaaaaaaaaa x
    siapa sangka ujian dapat e tapi khs jadi A,wooowwww. ,om,,tante…papa kirim salam,enak yah….trus dapt A
    parkirin aja kreta disitu,ntar pencurinya minta ijin ma sappam klo dy mo kerja,ywdah lewat deh kreta2…
    sapa sangka urusan akademis dilayani ma org 2 sombong,sok,angkuh, pa lg di birek,antrian aja mpe belipat,gk da otak x ya..bikin kek table pelayanan 1,2,atw 3 lagi,masak urusan 9 fakultas lebih degan ribuan mahasiswa di ruangan paling 10 x 10 m
    banyak loh diagnosa tim dokter usu yang salah,bilang kanker usus,ternyata diperiksa diluar negri cm ambeyen,,,he,,,,,lucu yah,,,,,
    tau gak dosen2 di usu pingin rumah yang ditempatinya dibuatnya menjadi hak miliknya,padahal tanah negara.wowwwkacau…dibangun tinggi2 gak nyadar bukan warisan bapak emaknya,pake ngebet pulak harus jadi tanah dia

    liat aja deh klo gk percaya,mpe dosen2 yang muda banyak yang gak beres,

    ada lagi mafia pelacuran mahasiswa,maen deh kehotel2 ternama satu tempat tidur bisa dapat A loh mata kuliah bersangkutan.

    tapi yang paling bermasalah bwt saya adalah anq2 FK.mereka tuh gak da apa2nya selain ngobati demam doang…….liat aja ari minggu mereka kmana smua.bermodalkan bapak dokter dan segenap anak2 pejabat daerah mereka ngandalin duit untuk persen kesalahan pemeriksaan terhadap manusia yang harusnya 0,1%…….gila gua klo masalah nyawa,anq2 usu lain semua tau akademis not important asal ipk dah memadai kerja,tp,,,,coba anak FK,,,,,,,??????dokter gila sana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: