Angkatan’96

1.

2.

Tolong diisi nama-nama temannya di komentar ya. Tks

28 Tanggapan

  1. Gimana Lab di TK USU?
    Apakah masih hancur dan tak jelas?
    Dan praktikum hanya ambil data dari asisten saja?
    Atau masih memelihara dosen yang minta sogokan agar lulus mata kuliah tertentu?

    Sebagai alumni USU, saya agak kecewa dengan dosen2 yang ada dan membiarkan hal itu, apalagi dengan dibukanya program pasca sarjana.

    Program sarjananya saja tidak diurus dengan benar, malah buat program pasca sarjana.

    Apakah dosen2nya masih hanya cari setoran? Untuk bisa melanjut S2, S3 dan tidak terlalu perduli dengan kualitas alumninya?

  2. Wah…Terima kasih banget informasi dari Lae Gilberto, ini informasi yang sangat berharga buat kita para alumni.

    Kita cari kebenaran realita yang terjadi di TK USU apakah terjadi mahasiswa yang seharusnya praktektikum di Laboratorium selama waktu tertentu (misalnya 3 bulan, 2 bulan atau 1 bulan) ternyata tidak dilaksanakan tetapi hanya meminta data-data praktikim kepada assisten laboratorium kemudian membuat laporan praktikum dan lulus !

    Ini sangat merusak mhswa, kalau data-datanya yang diatur-atur biar match ya biasalah. Tetapi kalau tidak pernah melaksanakannya sama sekali sehingga tak mengetahui prosedur dan alat serta bahan yang dipakai, ini yang tak bisa ditolelir !

    Kepada Pengurus Ikatan Alumni Teknik KImia FT USU Bapak Ir. Herbun Darlin dan seluruh alumni. Ini tanggung jawab kita coy.

    Tolong yang memiliki informasi lain lagi disampaikan disini sebagai bahan buat kita semua.

    Terima Kasih

  3. Bagaimana Alumni TK USU Bersaing di Pasaran

    Kalau mahasiswa TK USU yang sedang kuliah sekarang tidak membekali dengan keahlian yang diperlukan nantinya, maka akan sangat tidak dapat bersaing.
    Kalau dilihat dari curikulum TK USU, sepertinya alumni TK USU hanya dipersiapkan untuk kerja di lokal/SUMUT saja, padahal alumni TK yang lain sudah pada melanglang buana ke luar negeri.

    Salah satu agar dapat bersaing adalah dengan menguasai sofware2 terbaru tentang TK.

    Pada tahun 2001, sebelum saya tamat dari TK USU, saya sudah mendengar adanya ChemCad tetapi hanya ada dan tidak ada yang mempelajarinya.
    Tetapi itu juga sudah sangat telat bagi TK USU karena TK universitas lainnya sudah mengenal Hysys, sofware diatas ChamCad dan malahan sekarang ada Pro II.

    Ketiga sofware ini sangat bermamfaat untuk seorang mahasiswa TK apalagi pada saat menyusun TA. Apalagi kalau mau bersaing tingkat internasional, minimal Hysys atau Pro II harus dikuasai.

    Gimana dengan mahasiswa TK USU, apakah sudah pernah mendengar ketiga sofware tersebut? Atau cuma mendengar tetapi tidak tau memakai seperti saya sekarang?

    Memang ketiga sofware tersebut di banyak dipakai di Minyak Bumi, Petrochemical, Petroleum, Natural Gas tetapi untuk saat ini sesuatu yang wajib bagi Sarjana TK.

    Sedikit share tentang penguasaan software tersebut bulan ini saya dapat tawaran kerja di 3 tempat yaitu contractor Oil & Gas, Pabrik Urea di Bontang dan jadi Prosess Engineer di Pipi Line Sumatera Jawa.
    Ketiga lowongan tersebut bukan saya yang melamar tetapi pihak perusahaan yang menawarkan ke Saya dengan hanya 1 syarat harus bisa software Hysys.
    Terpaksa semuanya hilang tanpa jejak karena sampai saat ini saya tidak bisa menggunakan sofware tersebut.

    Beberapa TK seperti UI, Unsri mengadakan pelatihan tahunan untuk mahasiswa agar menguasai software tersebut, sehingga pada saat tamat, mereka sudah siap saji dari pengetahuan sofware TK.

  4. Hallo rekan-rekan TK and Alumni,

    Jangan lagi aku dengar dan lihat di koran Medan(SUMUT): TAUUUUUUUUUU

    “Sbh perusahaan membutuhkan llsn TK dari ex UGM, ITB, UNSRI and TK apalagi???”

    Kemana muka ini disembunyikan!!

  5. Smoga adik2ku semakin serius dalam menyaring ilmu2 praktisi yang nantinya berguna untuk bekal hidupmu kelak

  6. memang ilmu TK USU perlu banyak di – update. terutama mengenai software dll. kita selalu ketinggalan dengan alumni yang lain. mohon segera hal ini jadi perhatian para pengelolo TEKKIM USU.

    salam

    semoga kita sukses selalu

  7. menjadi perhatian pengelola TK USU? I don’t think so coz they just care about themself without care about their alumni. I knew when the lecture took postgraduate he/she have to able to operated process software but he/she didn’t want to share with dis/her student? Why…… cos she/he will talk knowledge need a cost.

  8. Hallo, saya Lilis dosen TK USU.
    Sebagai dosen TK USU rasanya hati saya miris mendengar komentar2 diatas, sepertinya apa yang dikerjakan dan diajarkan kepada adik2 selama ini semuanya gak ada artinya. Setahu saya memang kondisi lab di TK mungkin memang belum memenuhi standard yang diharapkan, tapi soal mental apakah sudah separah itu. Apakah memang ada dosen yang menerima sogokan untuk memberikan nilai tertentu? Apakah memang ada dosen yang mencari setoran untuk melanjutkan sekolah S2 dan S3 nya? Apakah itu mungkin terjadi? Berapa besar yang harus kami terima dari mahasiswa untuk dapat membiayai study kami? Apakah mahasiswa mau melakuknnya dan apakah mampu? Cobalah berfikir lebih arif, jangan kita menyalahkan siapa2 tetapi kita tidak bisa mmbuktikannya. Kalau memang bisa dipertanggungjawabkan laporkan aja ke Departemen pasti akan ada tindakan. Dan mengenai software yang katanya wajib bagi TK, cobalah diskusikan dengan dosen yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut. Itulah mungkin kelemahan kita selama ini, kurang komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Saya angkatan tahun 79 dan tamat saya pada tahun 87, hampir delapan tahun, hal ini disebabkan karena tidak ada nya lab, sehingga satu semester cuma ada 1 lab, padahal mata kuliah sudah habis tahun 83 akhir. Dan kondisi lab pada waktu itu sangat sederhana, sebagian mahasiswa sendiri yang mendesain nya. Nah alumni yang dihasilkan pada masa saya itu kenyataannya sebagian besar bisa bersaing diluar, sebagai contoh pak Herbun, Bertha, Hermin, Edison, Edward Wahab, Sahat, Krisman, Riama, Renata, Aman, Iskandar, dll yang terlalu banyak jika kita sebutkan satu persatu. Jadi marilah kita sama2 membangun TK untuk menjadi lebih baik dengan cara yang lebih dewasa, tidak perlu mendiskreditkan dosen yang belum tentu seperti yang dituduhkan tsb. Cobalah kita lebih terbuka dalam hal berkomunikasi, seperti adik nn, tulislah nama benar, sehingga teman lain dapat mengetahui anda.

    Wassalam
    Lilis

  9. Halo Ibu Lilis, apa kabarnya semoga makin ayu aja ya bu.

    Klo bisa bu Lis saya usul agar beberapa alumni dikumpulkan utk share masalah utk memajukan TK.

    Wasalam
    Yanti – Kaltim

  10. akhirnya ada juga comment dr dosen tk.
    so isi blog ini uda tau. permasalahannya apakah mau diperbaiki. saya mau bertanya apakah layak seorang dosen terima uang dr mahasiswa agar diluluskan n yg tdk memberikan dikasi nilai d e. itu memang terjadi di tk usu tetapi dosen yg bersangkutan tdk tau malu n tetap mau ngajar di tk usu. apakah ibu lilis yg cantik tau akan hal ini atau pura2 tdk tau …….????

  11. Hallo nn

    Pendapat saya pribadi dan mungkin bbrp teman dosen pasti menjawab, sangat tidak layak seorang dosen terima uang dari mahasiswa agar diluluskan dan bagi yang tidak memberi mendapat nilai d atau e.
    Kalau memang n mau permasalahan ini dapat diperbaiki, boleh tolong beritahu nama dosen ybs. ke email pribadi saya (lilissukeksi79@yahoo.com). Sebagai dosen dan alumni di USU terutama TK USU saya juga sangat tidak suka hal seperti itu, jadi bukan pura2 tidak tahu. Tapi, semua yang n omongkan harus bisa dipertanggung jawabkan.

    Wassalam
    Lilis Sukeksi

  12. Beliau adalah yang biasa membawa mata kuliah rancangan percobaan, ekonomi teknik namanya lebih baik diposting diblog ini karena seharusnya beliau di pecat sebagai dosen dengan tingkah laku seperti itu. Bapak Darmansyah, begitulah beliau dipanggil. Saya tidak tahu apakah beliau masih ada sekarang di TK USU. Setahu Saya kasus ini sudah terjadi dari tahun 92 an dan informasi terakhir dari angkatan 96, 97, 98, 99 hal yang sama masih terjadi. Case ini sudah pernah diutarakan mahasiswa TK USU di Biro rektor pada saat demo protes adanya D4

  13. Disini ada faktor sense of belong yg belum tentu dimiliki oleh setiap personil dosen tk, mas/mbak “nn” thanks anda mengemukakan hal tsb diatas, aku kirain tadi yg neko-neko di tk adalah dosen alumni tk USU klo itu yg terjadi alangkah sedih hatiku.

    Menurut saya, yg bisa memperbaiki citra tk adalah HANYA alumni tk itu sendiri, dan yg lebih spesifiknya lagi hanya alumni tk USU. coz they have sense of belonging sudah seperti dirinya sendiri, gimana ya klo milik kita rusak, khan tak mau ya. kira-kira seperti itu filosofinya.

    saya maunya agar dosen tk itu memiliki sense of entreprenuership artinya disamping sbg dosen mereka juga menjadi pebisnis/konsultan sehingga dari sisi finansial is oke. dan mereka sbg dosen benar-benar melaksanakan panggilan mencerdaskan bangsa. mohon maaf ya klo teman-teman dosen masih fokus mengandalkan PNS sbg tulang punggung finansial keluarga maka akan “tergiur” dgn hal2 yg tak benar. Bagi alumni TK tak ada kata terlambat utk memulai berbisnislah diluar kampus, itulah salah satu nilai lebih yg perlu ditanamkan pada mahasiswa tk, apapun kondisinya you must survive and jgn lakukan tindakan naif lebih2 dlm komunitas tk. oke ya nanti kita bahas kalau ada pertemuan sesama alumni tk.

    success for alls and positive thinking always

  14. Kok kagak ada comment dari ibu lilis yang cantik…
    Menurut Saya sih udah taukan tetapi pura-pura tidak tahu

  15. Salam buat semua alumni. ….
    Mohon maaf “n2 atau nn” saya pikir orang yg mau kasih sesuatu sama dosen itu kan mahsw yang tidak PD akan kemampuannya hehe. Kalau yg PD seperti saya tak pernah kasih “sesuatu” sama dosen selama kuliah malah dosen-dosen yg bantuin kita….serius lho maklum kita kan dari pedalaman tapanuli sono jadi uangnya sering kurang.

    Utk mahsiswa jadilah manusia yg percaya akan kemampuan anda bila perlu cari kasus yg membuka wawasan berpikir anda dan juga dosen anda.

    Makanya waktu kuliah yang rajinlah cari bahan-bahan kuliah apalagi skrg ada internet, tinggal browsing aja ketemu apa yg dicari dan banyak pihak yg bisa dikontak via email atau chating.

    Wasalam

  16. Hallo nn, saya rasa jawaban dari Goprid Sianipar sudah cukup mewakili jawaban dari saya ya. Teerkadang hal2 seperti tsb. dapat saja terjadi dimana2, tapi kembali lagi kediri kita sendiri, kalau kita memang PD dan mampu apakah hal tsb dapat menghambat kita.
    Saran saya, alangkah baiknya kalau wadah ini kita isi dengan hal-hal yang bersifat positip. Cobalah simak kembali komentar dari teman2 alumni senior, bagaimana komunikasi diantara kami, rasanya semuanya perkataan yang keluar adalah perkataan yang menyenangkan, walaupun mungkin sewaktu mahasiswa kami juga ada mengalami hal2 yang tidak enak. Apakah perlu forum ini kita isi dengan uneg2 kita, kejelekan orang lain atau dosen yang pernah, walaupun sedikit memberi ilmu kepada kita, apalagi menjelekkan almamater kita.
    Okey dik nn, cobalah buang perasaan marah dan dendam anda, hidup ini begitu indah kok.
    Semoga sukses ya nn.

    Wassalam,
    lilissukeksi79@yahoo.com

  17. Saya hanya mengharapkan suatu perubahan agar adek2 yang masih kuliah tidak mengalaminya. Kalau Saya mungkin tdk akan mengalaminya karena sudah menjadi salah satu alumni juga

  18. Dear adik nn atau n2,

    Saya sangat mengharapkan adik nn atau adik n2 ini tidak menyarukan namanya alias menyamar. Kenapa rupanya kalau adik nn atau adik n2 ini dapat memperlihatkan namanya atau angkatan nya? Kenapa mesti takut? Kita ini kan sudah satu keluarga, yaitu keluarga Alumni Teknik Kimia USU. Apakah rupanya adik nn atau adik n2 ini tidak mau mengakui bahwa kita ini sudah satu keluarga alumni Teknik Kimia USU? Baik dan buruknya adalah kita sama? Lagi pula kita ini kan zaman modern dan zaman demokrasi dan zaman keterbukaan, semua orang boleh bicara tanpa takut ada “penembak misterius”. Jadilah adik nn atau n2 ini menjadi adik yang gentleman, itu lebih bagus lagi. Kami sangat menghargai keterbukaan adik-adik semua disini, tetapi tidak menghargai penghujatan demi penghujatan yang tidak bersifat baik. Berilah komentar yang bersifat komunikatif dan aspiratif.

    Kalau adik tidak mau mengenalkan diri sebagai siapa, angkatan berapa, dan sudah bekerja dimana, sudah se sukses apa sekarang, adik jangan lagi menghujat kita semuanya. Jangan pula kami yang merasa ditembak oleh “penembak misterius”. Tapi adik bukan “penembak misterius kan?”. Saya yakin kok, adik-adik semua pasti orang baik. Carilah cara yang baik untuk berkomunikasi. Saya tahu mungkin adik masih menuju proses pendewasaan cara komunikasi dan berpikir. Tapi semua orang perlu belajar kan? Bagaimana cara mengkomunikasikan suatu persoalan agar permasalahan nya dapat dikemukan dan agar solusinya dapat dicari. Kalau lah solusinya belum dapat kita selesaikan dengan baik, ya tunggu lah, sabar, kita ini semua di Teknik Kimia USU kan bukan petinggi-petinggi USU, dan juga bukan pejabat-pejabat pemerintahan yang punya uang banyak, dan juga bukan orang-orang yang mempunyai kekuasaan, sehingga langsung dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan ataupun mengatasi kendala-kendala yang ada. Kita juga tidak mau mempunyai masalah kan? Pastilah semua orang tidak mau mempunyai masalah dan ingin nya enak-enak. Tapi semua hidup penuh perjuangan kan?

    Kami juga kalau mau protes, kalau bisa setiap hari protes. Tapi kami mau protes kemana lagi? Jadi dalam hal permasalahan dan kendala-kendala yang ada di Teknik Kimia USU bukan hanya mahasiswa nya saja yang kecewa tapi hampir semua kami merasakan pusing dan bingung mau bagaimana lagi. Jadi adik nn atu adik n2, ibu mengharapkan bantulah kami untuk mencarikan solusi terhadap masalah-masalah dan kendala-kendala yang ada.

    Ibu berharap adik nn atau n2 sekarang sudah sukses, baik dalam hal pekerjaan dan karir yang menanjak, maupun sukses dalam keluarganya, sehingga sekarang adik sudah lah bisa membantu kami di Teknik Kimia USU yang tercinta ini. Baik membantu secara moril maupun membantu secara materiil. Ataupun ibu mengharapkan adik nn atau adik n2, bisa menyumbangkan ilmu nya yang sudah di dapat di dunia luar atau di dunia pekerjaan untuk diberikan kepada kami semua sehingga kami mendapat wawasan yang lebih banyak lagi. Karena ilmu yang di dapat dari dunia luar lebih banyak lagi dibandingkan ilmu yang didapat dari dunia kampus yang tidak seberapa itu. Kami mengharapkan uluran tangan adik nn atau adik n2. Ibu doakan semoga kamu tergerak hatinya untuk datang ke Jurusan Teknik Kimia USU untuk dapat memberikan sumbangan nya. Amin.

    Dari Ibu Kartini Noor Hafni
    Jl. Siaga I C No. 12 F, RT 004 RW 03, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
    (021) 799 03 65, HP; 0817 098 5557; 0812 699 45 19

  19. Ibu Kartini yang baik jangan terlalu memikirkan siapa jati diri nn dan n2 karena inisial tersebut bisa satu orang dan bisa juga lebih.

    Dalam dunia internet kits hanya bisa memgamati isi/content dari komentarnya apakah konstruktif atau pengecut.

    kalau yang positif marilah kita manfaatkan dan yang sampah dibuang saja.

    sekian saja
    Wasalam
    Julianty- TK 91

  20. Kenyataan itu kadang menyakitkan tetapi masa lalu adalah sejarah yang menjadi pelajaran buat semua yang mau maju, sehingga sejarah yang kelam/kurang baik diusahakan jangan terjadi lagi. Saya hanya share yang menurut Saya sangat perlu cepat dibenahi. Saya agak heran bagaimana kita mengharapkan akreditasi A tetapi disisi lain lab yang ada seperti OTK banyak modulnya yang rusak/hilang alat. Tahun 1999 Saya meninggalkan TK-USU tetapi yang Saya dengar Sampai sekarang beberapa alat-alat yang ada dilab hanya dibiarkan tanpa tuan, hanya sekedar pajangan. Apakah kita akan membohongi diri dengan mengatakan ke pihat akreditasi ini lab. OTK dengan modul destilasi evaporator dll, tetapi alat tersebut sudah tidak dipakai dalam 10 tahun terakhir dan? Apakah kita hanya mau diberikan akreditasi A, tetapi kenyataan dari fasilitas lab mungkin masih dibawahnya. Pemberian akan nama, gelar tanpa memperhatikan layak tidaknya menyandang nama itu merupakan hal yang umum di indonesia, tetapi marilah kita sadar sekejap saja apakah kita layak menyandang gelar tersebut. Tingkat Akreditasi suatu jurusan akan diuji dari diauki tidaknya alumninya jurusan tersebut dengan jurusan sejenis dari Univ yang berbeda. Saya agak cengang karena di Indonesia (bukan hanya di Medan Bung) alumni TK Sriwijaya lebih diauki dibanding alumni TK USU, padahal TK USU lebih dulu lahir dari TK Sriwijaya.
    Apakah ada sesuatu yang salah sehingga hal ini terjadi. Media ini menurut Saya dibuat agar adanya masukan untuk perbaikan dikemudian hari di TK USU, jika kita tidak mau mengakui kesalahan/kelemahan/kekurangan yang pernah ada dan mencoba memperbaikinya menurut Saya blog ini hanya hanya akan berisi silahturahmi saja diman si A akan menanya gimana kabar dengan si B, padahal hal ini bisa dilakukan via japri lewat email, sms tanpa mengganggu lalu lintas diblok ini. Hal ini Saya alami dengan millis TK-USU yang akhirnya Saya unsubscribe.

    Jika keberadaan Saya diblok ini sudah tidak diijinkan dosen/mantan dosen TK. Yo wess, goodbye.

    Mengetahui nama Saya sebenarnya menurut Saya bukan hal yang begitu penting, karena begitulah dunia maya, dan Saya hanyalah sesuatu yang maya. Mungkin tidak akan pernah muncul didepan publik apalagi mencantumkan no hp 061-123456789 atau email abcdefg@yahoo.com.

    Semoga jika tahun depan Saya berjumpa dengan mahasiswa TK-USU, disana sudah ada perubahan, karena tahun ini yang Saya dengar dari mahasiswa TK-USU adalah hal yang lebih parah dari sisi lab dibanding tahun 99 sebelum Saya meninggalkan TK USU

  21. alo lae nn gimana kabarmu lae, semoga tetap sehat walafiat jasmani dan rohani.

    lama juga lae selesai kuliahnya ya diatas rata-rata atau rombongan paling lama mungkin ya lae, maybe sambil nyambi waktu kuliah ya. tak apa-apalah yang penting apa yg terluka di waktu di kuliah jgn terbawa sampai sekarang. mengampuni dan memperbaharui pola pikirlah itu yang sangat penting utk menggapai kesuksesan hidup, biarlah yang lama berlalu karena yang baru telah datang..hehehe

    sama ini lae nomor kode teleponnya, salah nulis lae bukan 061 lae tapi 054x dan juga emailnya kan lae bukan pakai yg gratisan yahoo tapi yang ada net-netnya kan. nanti kalau tulis komentar lagi jangan sampai salah lagi ya lae atau memang sengaja ya hahaha

    okelah lae salam sukses selalu salam buat teman-teman yang ada dipulau sana ya.

    Horas

    Martuaraja Siregar
    TK 91

  22. Wahh hangat juga blog alumni ini, malahan lebih hangat dari kampanye pemilu 2009 yang sudah mulai jalan.

    Mungkin ada saran dari alumni yang agak membuat perasaan yang lain agak tersinggung, tetapi inti dari yang saya lihat adalah untuk kemajuan. Tiap orang mempunyai karakter yang berbeda dan demikian juga dalam penyampain, jadi jangan langsung kita judge. Kita ambil baiknya sehingga lebih baik kedepan.

    Salam TK

  23. Salam bt semua keluargaku..

    Kawanku nn. Saya yakin kamu adalah salah satu kawanku yang terbaik. Hanya satu yang mau kukatakan untukmu “ITULAH DINAMIKA”. Agar semuanya sempurna, harus ada dinamika didalam kehidupan ini. Terlepas siapapun kamu, setiap orang punya pengalaman- cerita hidup di TK tercinta ini, tak terkecuali aku. NIKMATILAH…..Pengalaman Pahit dan manis itu biasa. Yang terpenting adalah kesiapan mental kita dilapangan. Apapun prestasi kita, apapun keburukan kita selama kita kuliah, itu adalah menu makanan yang harus kita makan agar kita kenyang dan dapat menjadi modal dalam menjalani kompetisi dunia yang semakin berat.
    Berbahagialah kita atas pengalaman-pengalaman buruk yang pernah kita dapat, karna itu akan menjadi guru yang terbaik, agar kita tidak terjerumus lagi kedalam permasalahan yang sama.

    TERIMA KASIH P’Darmansyah, B’Kartini, B’Lilis dan semua dosen-dosen YANG PERNAH MEMBIMBINGKU…. PERCAYALAH…..Apapun yang pernah kami terima dari kalian PASTI BERGUNA untuk modal hidup kami. Salam mesra…..

  24. Horas lae simarmata. bagus sekali pencerahan dari lae semoga banyak manfaatnya bagi kita semua.

    Oh ini lae, yang angkatan 96 tolong dituliskan nama-namanya kalau tau. Tks
    GBU

  25. qq

  26. horasuntuk semua,moga-moga alumni tk yang akan datang,bisa menunjukkan prestasi yang gemilang dan mampu berkompetisi sesuai dengan ilmu yang diperolehnya.

  27. syalomm smua….
    aq stanbuk 08
    aq mw nanya……knapa qta sesama anak TK USU slng…….
    seharusny qta hrs bersatu
    qta jgn ngomong z tpi hrs berbwt
    jgn jadi ‘NATO(Not Action Talk Only)’

  28. Mantap…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: